expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 18 September 2010

Wing Chun / Yong Chun 咏春

Wing Chun / Yong Chun(咏春) / Nyanyian Musim Semi


Sejarah Wing Chun lebih banyak diceritakan turun temurun dari guru ke murid, tidak ada catatan resmi mengenai siapa dan kapan diciptakan. Menurut versi Ip Man / Ye Wen, Wing Chun diciptakan oleh Wu Mei Da Shi (五枚師太) atau lebih dikenal dengan Ng Mui pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi (1661-1722), Dinasti Qing. Setelah dihancurkannya Kuil Shaolin di Fujian oleh pasukan Qing, kepala biarawati Ng Mui mengungsi ke Gunung Daliang (大涼山) di perbatasan antara kota Yunnan dan Sichuan. Suatu hari, dia melihat pertarungan antara ular dan burung bangau, kemudian Ng Mui mengambil pelajaran dari mengamati pertarungan antara kedua hewan itu dan mengkombinasikannya dengan kungfu Shaolin kemudian menciptakan kungfu dengan gaya baru.



Ng Mui sering membeli tahu dari seorang tukang tahu bernama Yim Yee / Yan Er (嚴二). Yim Yee mempunyai seorang anak perempuan bernama Yim Wing Chun atau dalam bahasa mandarinnya, Yan Yong Chun (嚴詠春) yang dipaksa menikah dengan Jenderal militer setempat.

Memang malang sekali anak-anak gadis di zaman lampau, jarang sekali mereka mempunyai kebebasan, seringkali mereka dipaksa dalam hal perjodohan, tidak seperti remaja lelaki yang lebih bebas memilih siapa calon jodoh mereka. Dalam peristiwa disini, Yim Yee, si tukang tahu terpaksa mengikuti kehendak si jendral untuk merelakan anak gadisnya. Namun sang anak gadis sendiri sebenarnya menolak untuk menikahi jendral itu yang terkenal kasar dan kurang sopan, ia sudah mempunyai seorang yang amat ia cintai yaitu Leung Bok Chao .

Untungnya Ng Mui mengajari Yim Wing Chun ilmu kungfu barunya untuk menyingkirkan Jenderal setempat itu untuk selamanya dan………….


Dapat dipastikan sendiri, dari ilustrasi disamping .... Dengan mudah Yim Wing Chun member pelajaran pada jendral itu. Dan akhirnya ia kapok dan pergi dengan rasa malu.

Yim Wingchun kemudian mengajari ilmu silatnya kepada Leung Bok Chao (梁博儔), suaminya sendiri. Pemakaian nama "Wing Chun" dimulai pada saat itu.


===========================================================================


Sekarang mari kita bahas tentang tokoh Wing Chun yang seringkali muncul di film-film terbaru ini yaitu Ip Man (bahasa kanton) / Ye Wen (mandarin).

(Ip Man itu dibacanya ip – man. Kadang-kadang lucu juga ada orang yang bacanya Ai-Pi-Man , jangan ditiru ya! Bisa diketawain sekampung kalo di Hongkong.)

Sejarah Kehidupan Ip Man / Ye Wen ( 葉問 )


=======================================================

Ip Man lahir di Foshan, provinsi Guandong (dibaca Kuang-Tung) pada tahun 1893 disaat masa pemerintahan Kaisar Guangxu, Dinasti Qing. Dia adalah anak ketiga dari empat bersaudara yang dilahirkan dari pasangan Ip Oi dan Ng Shui.

Ketika Ip Man berumur 3 tahun dia mulai belajar Wing Chun dari Chan Wah Sun. Karena umur gurunya yang sudah tua, Ip Man lebih banyak belajar ilmu dari Ng Chung Sok, kakak seperguruannya yang kedua. Setelah tiga tahun Ip Man berlatih Wing Chun, Chan WahSun meninggal dunia.

Pada umur 15 tahun, Ip Man pindah ke Hong Kong dengan bantuan temannya Leung Fut Ting. Satu tahun kemudian, dia melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi St. Stephen di Hong Kong yang merupakan sekolah untuk keluarga kaya dan orang asing yang menetap di Hong Kong. Menurut kedua puteranya, Ip Ching dan Ip Chun, ketika di St. Stephen, Ip Man turut campur tangan setelah melihat polisi asing memukuli seorang wanita. Petugas polisi itu mencoba menyerang Ip Man yang menggunakan ilmu bela dirinya untuk menjatuhkan polisi itu dan kemudian berlari ke sekolah dengan teman sekelasnya. Itulah aksi pertama Ip Man sebagai seorang pendekar muda.


Temannya memberitahu Ip Man bahwa ada seorang lelaki tua yang tinggal di lingkungan yang sama dan mengundang Ip untuk menemuinya setelah mendengar aksi heroiknya itu.

Lelaki tua itu bertanya kepada Ip Man "Ilmu bela diri apakah yang kamu pelajari?" dan Ip Man berkata "Kamu tidak akan mengerti". Ip ditantang untuk berlatih Chi Sau (bentuk latihan menyerang dan bertahan dengan kedua tangan). Ip Man menganggap hal tersebut merupakan kesempatan bagus untuk meningkatkan ilmu bela dirinya, akan tetapi dia dipukuli hanya setelah beberapa serangan.

Ternyata Lelaki tua itu adalah Leung Bik, anak dari Leung Jan, guru dari Chan Wah Sun yang tidak lain adalah gurunya Ip Man, intinya Leuk Bing adalah anak dari kakek gurunya Ip Man. Setelah kejadian itu, Ip Man melanjutkan latihan Wing Chun dengan berguru kepada Leung Bik. Pada Umur 24 tahun Ip Man kembali ke Foshan dengan keahlian Wing Chun yang telah maju pesat.


Di Foshan, Ip Man menjadi seorang polisi. Dia tidak menjalankan perguruan Wing Chun secara formal, tetapi mengajar beberapa bawahan, teman dan relasinya. Kwok Fu dan Lun Kai adalah dua murid pertama Ip Man yang kemudian mereka sendiri juga mengajarkan Wing Chun. Seni bela diri Wing Chun di Foshan dan wilayah Guandong terutama berasal dari kedua murid ini.

Ip Man mengungsi ke kampung halaman Kwok Fu pada saat Jepang menguasai Foshan. Dia kembali ke Foshan setelah perang berakhir, dan berprofesi kembali sebagai polisi. Pada akhir tahun 1949, partai Komunis Cina memenangkan perang sipil. Ip Man yang juga seorang pejabat dari partai politik oposisi Kuomintang memutuskan untuk melarikan diri ke Hong Kong tanpa keluarganya ketika para Komunis datang ke Foshan. Di Hongkong, Ip Man membuka Perguruan bela diri Wing Chun.


Pada awalnya bisnis perguruan tidak berjalan lancar karena murid - muridnya hanya bertahan beberapa bulan. Dia memindahkan perguruannya sampai dua kali yaitu ke jalan Hoi Tan di Sham Shui Po dan kemudian ke jalan Lee Tat di Yau Ta Tei. Pada saat itu, beberapa muridnya sudah cukup ahli untuk mulai membuka perguruan sendiri. Beberapa dari murid Ip Man dan keturunannya melagakan kemampuan Wing Chun mereka dengan praktisi bela diri lainnya dalam pertarungan. Kemenangan murid - muridnya membantu meningkatkan reputasi Ip Man sebagai Guru Besar Wing Chun. Pada tahun 1967, Ip Man dan beberap muridnya mendirikan Asosiasi Wing Chun di Hongkong yang dikenal dengan "Hong Kong Ving Tsun Athletic Association".

Pada tahun 1972, Ip Man menderita kanker dan meninggal dunia pada tanggal 2 Desember pada tahun yang sama.


Kira - kira enam bulan sebelum dia meninggal, dia berpesan kepada kedua puteranya dan muridnya Lau Hon Lam untuk membuat rekaman video aksi Wing Chun yang diperagakannya. Dia memperagakan Sil Lim Tau, Chum Kiu dan "Muk Ren Zhong" atau "The Dummy form". Hal ini disebabkan rasa sakit yang dideritanya dan lemahnya dan ketidakstabilan kaki karena penyakit kanker. Sebenarnya Ip Man ingin memperagakan Biu Gee, bentuk latihan dengan menggunakan pisau dan galah panjang.

Akan tetapi Ip Chun, Ip Ching dan Lau Hong Lam melarangnya karena Biu Gee memerlukan energi yang besar untuk dipergakan. Ip Man mempunyai banyak murid dan khawatir mereka akan mengadopsi sistem Wing Chun yang salah, alasan itulah yang membuat Ip Man memfilmkan peragaan Wing Chun. Video peragaan Sil Lim Tau, Chum Kiu dan Muk Ren Zhong dapat dilihat di situs YouTube ^_^.

Tidak ada komentar: