expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 18 Juni 2012

Wushu








Gua sering cerita tentang aliran-aliran kungfu, shaolin, wudang, dll.... (baca posting lama),
tapi hampir aja kelupaan mau ngeshare tentang wushu..
Apa sih wushu itu? Banyak orang-orang yang mikir,"Wushu sama kungfu itu sama kok" Ada juga yang bilang, "Wushu itu cabang dari beladiri kungfu, salah satu alirannya gitu!"

Jawabannya mereka semua itu ,"Sedikit salah!"

Kungfu = ilmu beladiri dari Tiongkok / Cina, seringkali dibilang wu gong (baca wu kung), kun tao, dan masih banyak lagi.




Wushu = versi SPORT-nya kungfu, dimana ilmu beladiri Cina ini dibikinin standar peraturannya, penilaian skor. Biasanya dibuat pertandingan dalam olimpiade gitu.


Nah bedanya kungfu sama wushu yang paling mencolok?



Kungfu kan awalnya dibuat untuk sekedar beladiri dan kesehatan, jadi enggak ada aturan saat bertarung. Ada aja jurus ular yang serang kebagian mata lawan, atau serang kemaluan lawan (khususnya yang lelaki).

Jurus-jurus tersebut LEGAL-LEGAL saja di kungfu! Namanya juga ilmu beladiri yang diperuntukkan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, dan menolong orang lain dari ancaman bahaya, misalnya ngelawan perampok, preman pasar, pembunuh, dll.


Wushu lebih banyak aturan dan lebih BERSIH gaya bertarungnya. Sekali lagi, wushu itu versi SPORT dari kungfu, lebih diperuntukkan untuk lomba persahabatan.

Mana ada lomba wushu (misal di Beijing olympics gitu) yang bertujuan untuk saling tampol-tampolan sampai babak belur berdarah-darah dan berujung di bunuh-bunuhan. Jadi di wushu banyak aturannya yang membatasi jurus-jurus si praktisi. Beberapa diantaranya adalah, tidak diperbolehkan colok mata, mencekik leher lawan, mengigit lawan, meremas atau memelintir bagian vital, jambak rambut orang, menendang alat-alat vital (apalagi kelamin cowok, dijamin ngilu abis).
Biasanya menang-kalah di perlombaan wushu dilihat dari point, siapa yang kena serangan paling banyak dia yg kalah. (tergantung keputusan juri)


Akhir kata, mana sih yang lebih hebat dari Wushu dan Kungfu?

Jawabannya, SAMA HEBAT!

Karena dua beladiri itu satu keluarga tapi berbeda peraturan, jadi gakbisa dibilang wushu lebih jelek atau kungfu lebih jago.

Sama aja kayak kita ngebandingin hebatan mana pemain basket sama pemain bola... gamungkin kan?


Nah tapi kalau bagi kita-kita yang mau belajar beladiri, buat bener-bener survive dijalanan dari perampok, tukang pukul, dll...

Sang penulis blog ini menyarankan untuk belajar kungfu , jangan wushu (kecuali udah pengalaman belajar wushu, sama aja sih ujung2nya pasti bsa survive lawan penjahat juga...)

karena seperti yg ditulis diatas tadi, kungfu lbih bebas, variasi gerakan banyak... dalam sepersekian detik bisa merobohkan lawan dengan cara menendang bagian lemah si lawan itu!


silahkan memilih ~

1 komentar:

Rhymicaris Hybisae mengatakan...

Hai Hapra(?!) Gue setuju banget sama postingan lo yang ini. Pendapat lo bener banget..banget..banget... Lo memberikan pendapat tentang perbedaan kungfu dan wushu yang mudah dimengerti oleh orang awam,yang belum kenal sama kungfu maupun wushu. Dan bagi gua yang emang udah pernah terjun ke keduanya pun,(yang masih suka bingung apa bedanya wushu dan kungfu, karena bagi gua dua-duanya sama aja waktu latihan. Sama-sama babak belur juga :D ) jadi lebih mudah untuk menjelaskan ke mereka-mereka yang kepo banget sama wushu+kungfu. Thank's banget buat postingan lo yang ini. MEMBANTU BANGET..hhehehe