expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 25 Juli 2012

Tips membuat ciri khas pada setiap tokoh dan karakter:


Kali ini sang penulis mau berbagi tips gimana cara bikin setiap tokoh di cerita yang kita buat itu khas.. mudah diingat pembaca dan memberi kesan tersendiri.

Saat membuat tokoh, ada baiknya kita tulis karakteristiknya di kertas coretan, kayak gini.

Jimmy: -anaknya rusuh (suka ngomong jorok seenaknya), pemuda berwajah putih, gaya bertarungnya lebih suka menggunakan kaki / tendangan dibandingkan dengan pukulan.

Mario: orangnya bermuka dua atau bisa dibilang pintar membawa diri, memberi kesan sebagai anak alim pada awalnya


Nah, abis kita bikin draft kayak gitu mulai deh kita rancang "gaya bicara tokoh itu" + cara penulisan naratif kita

CONTOH:
misalnya dialog si Jimmy saat bicara dengan kakak kelas,

1. Sambil bertolak pinggang Jimmy memandang si mata juling dan membentak,"Eh sampah, lu gausah bacot gitu! Macem-macem rata lu nanti!"

dialog si Mario yang bergaya bicara lebih halus,

2.Ayolah, ngapain kita lanjutin?!” Tanya Mario dengan suara agak keras, namun masih berjaga-jaga dengan posisi setiap lekuk bagian tubuhnya yang penuh kewaspadaan.



Pembaca juga bisa menyimpulkan, dari tata cara berbahasa, walaupun sedang marahpun perkataan Mario lebih halus daripada Jimmy.


Jadi intinya, semakin jelas sifat antara tokoh, cara bicaranya, deskripsi fisik dan gerak geriknya... maka pembaca akan semakin ingat.

Semoga membantu, thanks!


2 komentar:

reza Adrian mengatakan...

nih kk.namannya tokoh karangan aku hehe,rafael.anaknnya tenang,kalem,dan serius,rada kaku,tapi kalau suasana hatinya tidak dongkol dia bisa menyenangkan,satu satu nya anak yang tidak takut meghadapi kekacauan seperti apapun.sifatnya yang sering menantang para berandalan besar sekolah menjadikan dia target empuk~ nope kk habis itu cerita ane terputus.qq oh btw thx.mohon kerjasamanya

reza Adrian mengatakan...

kk chatbox anda bagi saya hilang!!!,kalo bagi kk ilang nggak!!?