expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 21 Agustus 2010

Legenda Burung Fenghuang (Burung Hong)


Saudara-saudara dan pendekar sekalian yang sering membaca cerita silat Khoo Ping Hoo (Xu Pinghe) atau Jin Yong (Pengarang trilogi Pendekar Rajawali), pasti sering mendengar sebutan burung hong ini bukan? Di kalangan Tionghoa-Indonesia, Fenghuang sendiri biasanya dikenal dengan nama dalam dialek Hokkian-nya, hong. Biasanya dilafalkan berpasangan dengan naga sehingga dilafalkan menjadi leng-hong.

Fenghuang (鳳凰)/ burung hong adalah burung dalam legenda Cina. Yang jantan disebut feng dan betina disebut huang. Di zaman sekarang ini sebutan untuk membedakan kelamin burung tersebut sudah jarang lagi dipakai. Fenghuang kerap ditemukan berpasangan dengan naga yang memiliki konotasi jantan. Di dunia barat, fenghuang sering dihubungkan dengan burung phoenix.


Pada masa Cina kuno, burung hong sering ditemukan pada dekorasi pernikahan atau keluarga ningrat bersamaan dengan naga. Ini disebabkan tradisi Cina yang menganggap naga dan phoenix sebagai simbol hubungan yang mesra antara suami dan istri, sebuah bentuk metafora antara yin dan yang

Tidak ada komentar: